Minggu, 10 Februari 2008

Setting Serial Mouse di Linux

Sekedar sharing saja, barusan saya "menghidupkan" kembali mesin vector linux setelah sekian lama (92 hari) teronggok di sudut ruangan. Pasang monitor, keyboard, power langsung pejet tombol "On" dan hiduplah kembali si Vector. Begitu mau login di XFCE saya baru mendapati bahwa mouse tidak bisa digerakkan alias macet. Jangan-jangan apa karena saya menggunakan mouse serial ya? Perlu diketahui bahwa mouse serial sudah tidak diproduksi lagi sepertinya, yang ada sekarang di pasaran jenis PS/2 atau USB Mouse. Ah, gampang pikirku, nanti dibenerin di VASM juga beres.

Pencet [Ctrl+Alt+F1] untuk mengaktifkan mode Text-Mode dan login sebagai root, saya ketika vasm dan mencari bagian setting mouse disitu, saya ubah konfigurasinya sehingga mouse yang tadi PS/2 saya ganti ke Serial. Saya kemudian coba lagi login di XFCE dan ternyata mouse masih macet. Kemudian saya jalan-jalan ke universitas Google.com dan mencari solusi dari persoalan tadi. Akhirnya mampir di blognya linuxhelp.blogspot.com dan disitu dia jelaskan bagaimana cara konfigurasi serial mouse di Linux (dia pakai Fedora).

Solusinya adalah dengan menjalankan perintah "mouseconfig" di mode root dan ubah setting mouse ke serial. Syukurlah dengan satu langkah kecil ini akhirnya saya coba login ke XFCE mouse saya kembali hidup! Ah... gak jadi beli mouse deh, lumayan rencana pengeluaran bisa dialihkan untuk beli susu anakku huehuheuhueue....

Mungkin ada sebagian dari Anda atau teman Anda yang masih menggunakan serial mouse dan kebingungan bagaimana cara settingya? Semoga tulisan ini bermanfaat....

0 komentar:

Search this Site

Google