Selasa, 29 April 2008

Upgrade Feisty Fawn ke Hardy Heron

Setelah secara resmi diluncurkan beberapa hari yang lalu, banyak pengguna Ubuntu yang tertarik mencoba versi teranyar dari Ubuntu ini, tak terkecuali saya. Perlu diketahui, Ubuntu yang saya gunakan saat ini adalah Feisty Fawn 7.04 keluaran setahun yang lalu. Khusus untuk Linux, khususnya lagi distro Ubuntu, versi setahun yang lalu termasuk versi yang sudah jadul, beda dengan Windows yang mungkin beberapa tahun baru mengeluarkan versi baru (coba hitung berapa tahun yang Windows butuhkan untuk mengembangkan Vista?).

Kalau Anda coba browsing ke blog website komunitas Ubuntu, sebagian besar tema yang mereka usung adalah Hardy Heron. Tidak mengherankan memang, karena Ubuntu menjanjikan segudang fitur baru dan perbaikan dari versi-versi sebelumnya di setiap rilis barunya.

Saat ini, saya sedang proses upgrade dari 7.10 ke 8.04. Loh kok 7.10? Bukannya 7.04? Sesuai dengan petunjuk dari bapak Presiden situs resmi Ubuntu, upgrade dari 7.04 ke 8.04 membutuhkan proses berurutan, dari 7.04 ke 7.10 kemudian baru upgrade lagi ke 8.04. Kurang mengenakkan memang, namun ini semua karena kemalasan kesalahan saya untuk tidak segera melakukan upgrade ketika versi baru dirilis.

Oh, iya, ada satu lagi kesalahan saya, dulu ketika install linux, saya tidak memisahkan direktori /home ke dalam partisi terpisah, akibatnya ketika kemarin mau "menimpa" (fresh install) partisi Linux jadi mikir dua kali, karena direktori home saya sudah terisi penuh dengan file-file tidak penting serta konfigurasi software yang sudah mapan. Jadi ketika harus melakukan "fresh install" pasti nanti malah tambah merepotkan, akhirnya saya putuskan untuk upgrade biasa melalui system > administration > update manager.

Satu pelajaran penting bagi Anda yang sekarang sedang coba-coba atau menggeluti Linux untuk membantu pekerjaan Anda sehari-hari, pastikan direktori /home Anda tempatkan pada partisi sendiri. Bagaimana caranya? Ya bikin aja partisi tambahan khusus untuk /home. Jadi setiap kali Anda ingin install linux, siapkan 3 partisi, satu untuk file system, satu untuk home dan satu lagi untuk swap.

Link Tambahan buat referensi:
  1. Download ISO Ubuntu 8.04 LTS (Mirror UGM)
  2. Ulasan Ubuntu 8.04 LTS Hardy Heron
  3. Planet Ubuntu Indonesia

0 komentar:

Search this Site

Google